Pemasaran Digital, Literasi Keuangan Dan Identitas Merek UMKM Di Desa Lagadar

Authors

  • Amilia Tresnawati, S.Sos., M.M Universitas Teknologi Digital Author
  • Alfiyah Hafsoh Universitas Teknologi Digital Author
  • Rahmi Noor Apni Rohimah Universitas Teknologi Digital Author
  • Ranti Nuraeni Universitas Teknologi Digital Author
  • Imey Amelia Universitas Teknologi Digital Author
  • Lela Nur Indah Sari Universitas Teknologi Digital Author

Keywords:

MBKM Mandiri membangun Desa, UMKM, Digital Marketing, Literasi Keuangan, Stunting, Desa Lagadar, Branding

Abstract

Program MBKM Mandiri Membangun Desa bertujuan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui edukasi pencegahan stunting, pemberdayaan UMKM, dan literasi keuangan bagi siswa SD di Desa Lagadar, Kabupaten Bandung. Program ini menyoroti tiga aspek utama: (1) Pencegahan stunting melalui edukasi gizi, sanitasi, dan pola asuh sehat, (2) Pemberdayaan UMKM dengan pelatihan digital marketing dan pengelolaan keuangan untuk meningkatkan daya saing, serta (3) Literasi keuangan bagi siswa SD guna membangun kebiasaan pengelolaan keuangan sejak dini.

Metode yang digunakan meliputi edukasi interaktif, pelatihan berbasis praktik, advokasi, serta survei dan wawancara untuk collecting data stunting. Hasil diharapkan dapat meningkatkan pemahaman masyarakat tentang kesehatan anak, membantu UMKM memanfaatkan pemasaran digital, serta membentuk kebiasaan finansial positif pada siswa SD. Program ini diharapkan memberikan dampak nyata bagi pembangunan desa dan mendukung kebijakan pemerintah dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dengan terlaksananya program ini, diharapkan terjadi peningkatan kesejahteraan masyarakat Desa Lagadar serta terbentuknya ekosistem pembangunan desa yang lebih inklusif dan berkelanjutan. Program ini membuktikan bahwa pendekatan berbasis edukasi dan pendampingan langsung dapat memberikan dampak signifikan bagi masyarakat desa dalam aspek ekonomi, pendidikan, dan kesehatan.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Pemasaran Digital, Literasi Keuangan Dan Identitas Merek UMKM Di Desa Lagadar. (2025). DIGIACTION : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 44-53. https://digiaction.digitechuniversity.ac.id/index.php/digiaction/article/view/94

Similar Articles

1-10 of 56

You may also start an advanced similarity search for this article.