Pencegahan stunting dan optimalisasi pemasaran UMKM desa pasirhuni dalam meningkatkan jangkauan pasar melalui digitalisasi
Keywords:
MBKM Mandiri membangun DesaAbstract
Stunting atau kondisi gagal tumbuh pada anak menjadi perhatian utama pemerintah, termasuk di Desa Pasirhuni, Kecamatan Cimaung, Kabupaten Bandung.Faktor utama penyebabnya adalah kurangnya pemahaman masyarakat tentang gizi seimbang. Selain itu, UMKM di desa Pasirhuni juga menghadapi tantangan dalam pemasaran, di mana mayoritas masih menggunakan metode konvensional seperti menitipkan produk di pasar dan warung, tanpa memanfaatkan teknologi digital.Program MBKM ini bertujuan untuk memberikan edukasi tentang pencegahan stunting serta meningkatkan daya saing UMKM melalui digitalisasi pemasaran.Metode yang digunakan meliputi survei awal, sosialisasi dan workshop tentang gizi serta pemasaran digital, pendampingan dalam implementasi strategi pemasaranb erbasis e-commerce, serta monitoring dan evaluasi program. Hasil kegiatane Menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat tentang gizi dalam mencegah stunting serta meningkatnya keterampilan UMKM dalam pemasaran digital.Diharapkan program ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat terhadapp encegahan stunting serta membantu UMKM memperluas jangkauan pasar, sehingga berdampak pada kesejahteraan ekonomi desa secara keseluruhan