Implementasi Studi Kelayakan Bisnis untuk Pengembangan Usaha pada HK Farm
Abstract
Pengembangan usaha merupakan salah satu upaya untuk mempertahankan keberlangsungan hidup usaha serta untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Analisis studi kelayakan bisnis merupakan salah satu alat ukur yang harus dilakukan untuk mengetahui kelayakan bisnis yang dijalankan apakah mampu bersaing ataupun layak untuk dikembangkan. Tujuan pengabdian ini dilakukan untuk menganalisis kelayakan bisnis pada UMKM HK Farm. Metode yang dilakukan dengan pendekatan Participatory Action Research (PAR) dan dalam pelaksanaannya dilakukan dalam beberapa tahap mulai dari pendahuluan dan pelaporan. Berdasarkan hasil pendampingan dapat dijelaskan bahwa aspek pasar dan pemasaran menunjukkan bahwa pasar yang dibentuk oleh HK Farm adalah pasar trandisional dan pasar modern sehingga berdasarkan analisis studi kelayakan bisnis mengindikasikan usaha tersebut dapat bersaing dan mampu menjaga keseimbangan dalam bersaing pada bentuk pasar. Sedangkan pada aspek pemasaran sudah dilakukan dengan baik melalui bauran pemasaran produk (product), harga (price), empat/distribusi (place), promosi (promotion), orang (people), proses (process), bukti fisik (physical evidence). Aspek Teknis dan Operasional dilakukan berdasarkan teknologi yang digunakan, lokasi usaha dan luas dan proses produksi. Hasil pendampingan menunjukkan bahwa teknologi yang digunakan sudah sesuai dengan tingkat kebutuhan untuk persaingan usaha, administrasi seperti catatan produksi dan catatan stok produk juga sudah dilakukan dengan baik sehingga perhitungan tingkat laba dan administrasi dapat ditelusuri dengan baik. Hasil dari kegiatan pengabdian ini dapat dijadikan sebagai alat ukur bahwa UMKM HK Farm layak untuk dilakukan pengembangan bisnis.