Sinergi Dalam Mewujudkan Generasi Sehat Dan Unggul Di Desa Pananjung Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung

Authors

  • Lilis Fauziah Universitas Teknologi Digital Author
  • Laila Putri Universitas Teknologi Digital Author
  • Ressa Anilah Universitas Teknologi Digital Author
  • Gilang Rusmana Universitas Teknologi Digital Author

Abstract

Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Membangun Desa di Desa Pananjung, Kecamatan Cangkuang, bertujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan dan ekonomi masyarakat desa. Program ini berfokus pada dua aspek utama: pencegahan stunting dan edukasi kewirausahaan berbasis digital. Dalam aspek kesehatan, program ini melibatkan pendataan anak sehat dan edukasi pencegahan stunting dengan metode door-to-door bekerja sama dengan kader posyandu. Tujuannya adalah meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya gizi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK) guna menekan angka stunting. Pada aspek ekonomi, program ini menyelenggarakan seminar "Go Digital" yang bertujuan membantu pelaku UMKM memahami pemasaran digital, penggunaan e-commerce, dan media sosial dalam mengembangkan usaha mereka. Kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan daya saing produk lokal serta mendorong pertumbuhan ekonomi desa. Metode pelaksanaan meliputi sosialisasi, pendampingan, serta pelatihan berbasis partisipatif dengan melibatkan pemerintah desa, tenaga kesehatan, dan komunitas setempat. Hasil dari program ini menunjukkan peningkatan pemahaman masyarakat terkait kesehatan dan kewirausahaan digital, yang berdampak pada peningkatan kesadaran akan pola hidup sehat serta keterampilan bisnis berbasis teknologi. Dengan pendekatan sinergis ini, program MBKM di Desa Pananjung diharapkan dapat berkontribusi dalam menciptakan generasi sehat dan mandiri secara ekonomi.

Downloads

Published

2025-03-31

How to Cite

Sinergi Dalam Mewujudkan Generasi Sehat Dan Unggul Di Desa Pananjung Kecamatan Cangkuang Kabupaten Bandung. (2025). DIGIACTION : Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 2(1), 110-113. https://digiaction.digitechuniversity.ac.id/index.php/digiaction/article/view/119